KREATIVITAS SISWA KELAS VII DALAM MEMAHAMI POLA PADA OPERASI HITUNG TIDAK BIASA
Keywords:
Kreativitas, Operasi Hitung Tidak Biasa, Tindakan Matematis Kreatif, Creativity, , unusual calculation operation, mathematical creativity actionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemungkinan-kemungkinan tindakan matematis kreatif dari siswa kelas VII SMPN 2 Girimulyo, Kulon Progo, DIY dalam hal memecahkan masalah matematika, khususnya pada operasi hitung tidak biasa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 25 orang. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis jawaban-jawaban siswa mengenai operasi hitung tidak biasa. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan apersepsi dan contoh soal operasi hitung tidak biasa untuk memberi gambaran permasalahan kepada siswa. Selanjutnya, peneliti memberikan tes tertulis dalam bentuk lembar kerja. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 25 siswa, 2 siswa mampu menciptakan tanda dan operasi hitung tidak biasa yang baru serta memberikan contoh perhitungan dari masing-masing operasi; 12 siswa dapat membuat operasi hitung tidak biasa yang baru, tetapi tanda operasi yang digunakan sama untuk semua perhitungan; 1 siswa dapat membuat operasi hitung tidak biasa yang baru dan mendefinisikannya dengan lebih dari satu cara, tetapi tanda operasi yang digunakan sama untuk semua perhitungan; 4 siswa hanya membuat tanda operasi hitung tidak biasa yang baru, tetapi meniru cara pada soal pertama; 6 siswa lainnya hanya meniru jawaban dari temannya. Sebagian besar siswa mampu membuat operasi hitung tidak biasa yang baru dengan satu contoh perhitungan, dan menggunakan tanda operasi yang baru pula. Namun, cara kerja yang ditampilkan masih belum menunjukkan pola dari operasi yang diciptakan sehingga tidak banyak siswa yang menunjukkan kemungkinan-kemungkinan tindakan matematis kreatif dalam hal memecahkan masalah matematika, khususnya pada operasi hitung tidak biasa.
This study aims to look at the possibilities of creative mathematical actions from class VII students of Girimulyo Junior High School 2, Kulon Progo, DIY in terms of solving mathematical problems, especially in unusual counting operations. The subjects in this study were students of class VII B which numbered 25 people. The research method used is a qualitative descriptive method by analyzing student answers regarding unusual counting operations. This research was conducted by giving apperception and the example of a count operation problem was unusual to give a description of the problem to students. Next, the researcher gives a written test in the form of a worksheet. Based on the results of the study of 25 students, 2 students were able to create new unusual signs and counting operations and provide examples of calculations from each operation; 12 students can make counting operations unusual for new ones, but the operation marks used are the same for all calculations; 1 student can make a new unusual counting operation and define it in more than one way, but the operation mark used is the same for all calculations; 4 students only make unusual counting operations that are new, but imitate the method in the first question; The other 6 students only copied the answers from their friends. Most students are able to make new unusual counting operations with one calculation example, and use the new operation mark. However, the work method shown still does not show the pattern of the operation created so that not many students show the possibilities of creative mathematical action in solving mathematical problems, especially in unusual counting operations.