KREATIVITAS SISWA DALAM MENGURAIKAN ANGKA YANG BERBEDA KE DALAM JUMLAH YANG SAMA
Keywords:
Kreativitas, Bilangan, Bentuk Jumlahan, Creativity, Numbers, Sum FormatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa kelas I SD dalam menguraikan bilangan ke dalam berbagai bentuk jumlahan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah lima siswa kelas I SD di Kampung Karangwaru Lor. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS). Data penelitian disajikan, dianalisis, dibahas, dan disimpulkan secara deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa siswa kelas I SD dapat menguraikan bilangan ke dalam berbagai bentuk jumlahan. Berdasarkan analisis data dari penelitian tersebut, hanya seorang siswa yang mampu menguraikan bilangan ke dalam berbagai bentuk jumlahan dengan menggunakan sifat komutatif pada penjumlahan. Seorang siswa lainnya dapat menguraikan bilangan ke dalam berbagai bentuk jumlahan secara sistematis, dimulai dari bilangan satu. Tiga siswa lainnya menguraikan bilangan secara acak dengan mengambil bilangan yang selisihnya tidak jauh berbeda tanpa menggunakan pola tertentu yang melibatkan sifat komutatif pada penjumlahan.
This study aims to determine the creativity of first grade students in describing numbers into various forms of sums. This research was conducted using qualitative descriptive method. The subjects in this study were five first grade elementary school students in Karangwaru Lor Village. The instruments used are written tests in the form of Student Worksheet. Research data is presented, analyzed, discussed, and concluded descriptively. Based on the research that has been done, it is obtained the results that elementary school students in grade 1 can describe numbers into various forms of sums. Based on the analysis of the data from the study, only a student is able to decipher numbers into various forms of sums by using commutative properties in addition. Another student can systematically describe numbers into various forms, starting with number one. The other three students describe numbers randomly by taking numbers whose difference is not much different without using a specific pattern that involves commutative properties in addition.