PENGGUNAAN MODUL PRAKTIKUM MANDIRI BERBASIS SIMULASI PHET DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TENTANG GERAK PARABOLA PADA BIDANG DATAR
Keywords:
independent practicum module, PhET simulation, projectile motion, flat plane, without frictionAbstract
Pada perkuliahan tentang gerak parabola, pembelajaran yang komprehensif dan mengatasi
keterbatasan waktu tatap muka dan penggunaan peralatan laboratorium di era Revolusi Industri
4.0 ini dapat dilakukan dengan simulasi PhET “Projectile Motion” dan panduannya agar
peserta didik dapat belajar dengan terarah dan mandiri. Dalam penelitian ini, modul praktikum
mandiri tentang gerak parabola menggunakan simulasi PhET “Projectile Motion” yang telah
dibuat pada penelitian sebelumnya diterapkan dalam kelas Fisika Dasar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul praktikum mandiri tentang gerak parabola
menggunakan simulasi PhET “Projectile Motion” terhadap pemahaman mahasiswa tentang
gerak parabola. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sebanyak 30 mahasiswa
Fisika, Matematika, dan Pendidikan Fisika tingkat pertama menggunakan modul praktikum
mandiri ini untuk belajar di luar jam tatap muka secara berkelompok. 90% mahasiswa berhasil
mengerjakan modul dengan benar. Oleh sebab itu modul praktikum mandiri tentang gerak
parabola menggunakan simulasi PhET “Projectile Motion” dapat dikatakan efektif digunakan
untuk membantu siswa memahami gerak parabola melalui pembelajaran mandiri di luar jam
tatap muka.
In physics learning about projectile motion, comprehensive learning and overcoming the
limitations of face-to-face time and the use of laboratory equipments in the Industrial
Revolution 4.0 era can be done with PhET "Projectile Motion" simulations and its guidelines
so that students can learn in a directed and independent way. In this study, an independent
practicum module on projectile motion using a PhET "Projectile Motion" simulation that was
made in a previous study was applied in the Fundamental Physics class. This study aims to
determine the effectiveness of an independent practicum module about projectile motion using
a PhET "Projectile Motion" simulation of students' understanding of projectile motion. This
research is a qualitative descriptive study. Thirty Physics, Mathematics and Physics Education
freshmen used this independent practicum module to study outside face-to-face hours in
groups. There were 90% of students successfully worked on modules correctly. Therefore an
independent practicum module about projectile motion using PhET "Projectile Motion"
simulation can be said to be effectively used to help students understand projectile motion
through independent learning outside of face-to-face hours.