EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Keywords:
Group Investigation, LKS, Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kecenderungan hasil belajar matematika siswa
dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan LKS, (2) kecenderungan hasil
belajar matematika siswa dengan model pembelajaran GI, (3) apakah model pembelajaran GI
berbantuan LKS lebih efektif daripada model pembelajaran GI terhadap hasil belajar
matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan Posttest Only Control Design.
Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VII SMP N 1 Turi. Sampel penelitian kelas VIIA dan
VIID dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik
dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, uji
keseimbangan dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan (1) kecenderungan hasil belajar
matematika dengan model pembelajaran GI berbantuan LKS memiliki nilai rata-rata 80,47
termasuk kategori sangat tinggi, (2) kecenderungan hasil belajar matematika dengan model
pembelajaran GI memiliki nilai rata-rata sebesar 70,12 termasuk kategori tinggi, (3) model
pembelajaran GI berbantuan LKS lebih efektif dibandingkan model pembelajaran GI terhadap
hasil belajar matematika ditunjukkan dengan thitung>ttabel (2,701 > 1,669). Jadi model
pembelajaran dengan metode GI berbantuan LKS lebih efektif terhadap hasil belajar matematika
siswa.
This study aims to reveal (1) the tendency of students 'mathematics learning outcomes using the
LKS-assisted Group Investigation (GI) learning model, (2) the tendency of students' mathematics
learning outcomes with the GI learning model, (3) the effective LKS-assisted GI learning model
compared to the learning model GI of mathematics learning outcomes. This type of research is
quasi-experimental with Posttest Only Control Design. Data analysis techniques used are
descriptive analysis, prerequisite tests, balance tests and hypothesis testing. The results showed
that (1) the tendency of mathematics learning outcomes with LKS-assisted GI learning models
had an average grade of 80.47 including the very high category, (2) the tendency of mathematics
learning outcomes with the GI learning model had an average grade of 70.12 is included in the
high category, (3) the LKS-assisted GI learning model is more effective than the GI learning
model for mathematics learning outcomes indicated by tcount> ttable (2,701> 1,669). So the
learning model with LKS-assisted GI method is more effectively applied to student mathematics
learning outcomes.