ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA LOW VISION DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU ASPEK GENDER

Authors

  • Adhetia Martyanti Universitas Alma Ata
  • Suhartini Suhartini Universitas Alma Ata

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, low vision, geometri, gender, critical thinking skills, geometry

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan berpikir kritis siswa tunanetra
khususnya siswa low vision dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari aspek gender.
Adapun bentuk penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki
kelas VIII SLB Yaktunis, Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Subjek dipilih dengan
pertimbangan memiliki tingkat kemampuan akademik yang sama, tidak memiliki cacat
tambahan, dan dapat berkomunikasi dengan baik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan teknik tes dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui 3 proses yaitu
reduksi data, pemaparan atau kategorisasi, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk
memeriksa keabsahan data penelitian dilakukan triangualasi. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh bahwa terdapat persamaan pada kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki dan
perempuan yaitu belum mampu menganalisis, mengevaluasi, menjelaskan dan membuat
keputusan. Sedangkan perbedaannya pada indikator menginterpretasi, siswa laki-laki mampu
menginterpretasi sedangkan pada siswa perempuan kemampuan ini belum muncul.

 

This study aims to describe the critical thinking skills of low vision students in solving geometry
problems in terms of gender aspects. This research is a qualitative research with descriptive
approach. The subjects in this study were one female student and one male student of class
VIII SLB Yaktunis, Yogyakarta in the 2018/2019 school year. Subjects chosen with
consideration to have the same level of academic ability, have no additional disabilities, and
can communicate well. Data collection techniques in this study used test and interview
techniques. Data analysis was carried out through 3 processes, namely data reduction,
exposure or categorization, and drawing conclusions. Furthermore, to check the validity of the
research data triangualation was carried out. Based on the research results obtained that there
are similarities in the critical thinking skills of male and female students that have not been
able to analyze, evaluate, explain and make decisions. While the difference in interpreting
indicators, male students are able to interpret whereas in female students this ability has not
yet appeared.

Downloads

Published

2020-01-16

Issue

Section

Articles