Penerapan Mindfulness Training sebagai Upaya dalam Mengurangi Psychological Distress pada Generasi Z

Authors

  • Akhmad Bukhori Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Agustin Revi Yanti Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Arida Rahmawati Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Pelatihan Mindfulness, Tekanan Psikologis, Generasi Z

Abstract

Mental health is an issue that society has begun to be aware of, especially in Generation Z. Individuals who are aware of the importance of mental health will direct themselves to achieve psychological well-being. However, the fact is that there are still many individuals experiencing psychological distress involving anxiety and depression. This certainly has a negative impact on various aspects of his life. According to the literature, mindfulness training can be used as an attempt to reduce psychological distress. Mindfulness is paying attention in a particular way: on purpose, in the present moment, and non-judgmentally. This study aims to examine more deeply the application of mindfulness exercises as an attempt to reduce psychological distress in Generation Z. Through the literature research method, the author searches for and analyzes articles that are relevant to this topic. These articles include empirical studies, meta-analyses, and literature reviews discussing the effectiveness of mindfulness practice in reducing mental distress in Generation Z. The results of the literary research show that mindfulness training is effective in reducing psychological distress in Generation Z through three stages: self-talk, visual imagery, and deep breathing. Mindfulness training works by paying attention to this moment, raising awareness of oneself, and reducing reactivity to negative thoughts and emotions.

Kesehatan mental merupakan isu yang mulai disadari oleh masyarakat, terutama pada Generasi Z. Individu yang sadar akan pentingnya kesehatan mental akan mengarahkan dirinya untuk mencapai kesejahteraan psikologis. Namun, faktanya masih banyak individu yang mengalami tekanan psikologis yang melibatkan kecemasan dan depresi. Hal ini tentu berdampak negatif pada berbagai aspek kehidupannya. Menurut literatur, pelatihan mindfulness dapat digunakan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi tekanan psikologis. Mindfulness adalah memberikan perhatian dengan cara tertentu: dengan sengaja, pada saat ini, dan tanpa menghakimi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai penerapan latihan mindfulness sebagai upaya untuk mengurangi distres psikologis pada Generasi Z. Melalui metode studi literatur, penulis mencari dan menganalisis artikel-artikel yang relevan dengan topik ini. Artikel-artikel tersebut meliputi studi empiris, meta-analisis, dan tinjauan literatur yang membahas mengenai efektivitas latihan mindfulness dalam menurunkan tekanan psikologis pada Generasi Z. Hasil dari studi literatur tersebut menunjukkan bahwa latihan mindfulness efektif untuk menurunkan tekanan psikologis pada Generasi Z melalui tiga tahapan yaitu self-talk, visual imagery, dan deep breathing. Pelatihan mindfulness bekerja dengan memberikan perhatian pada saat ini, meningkatkan kesadaran akan diri sendiri, dan mengurangi reaktivitas terhadap pikiran dan emosi negatif.

Downloads

Published

2023-07-24

Issue

Section

Articles