Resiliensi Akademik Mahasiswa Akhir: Studi Kasus Dalam Proses Penyelesaian Skripsi

Authors

  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Keywords:

Resiliensi Akademik, Mahasiswa Tingkat Akhir, Studi Kasus, Skripsi

Abstract

Thesis is a scientific work that is intended as a graduation requirement so that it requires mastery of the material in the courses that students have attended during their college years. Many final year students are able to complete all courses well but their graduation are postponed due to difficulty completing their thesis. If students cannot adapt to these difficulties it will bring stress and frustration. There are pressures in the process of completing the thesis, students need high resilience within themselves in order to survive in facing difficult conditions and continue to try to complete their thesis. This resilience is called academic resilience. The purpose of this research is to find out the factors that influence the final year students academic resilience. The research methodology was a qualitative approach with a case study type. The results of this study indicated that the factors of emotion regulation, optimism, self-efficacy and support from friends and family affected academic resilience. Internal factors that affect academic resilience were emotional regulation, optimism, and self-efficacy while external factors that affect academic resilience was support from friends and family.

Skripsi merupakan karya ilmiah yang diperuntukkan sebagai syarat kelulusan sehingga membutuhkan penguasaan materi pada mata kuliah yang telah diikuti oleh mahasiswa selama masa perkuliahan. Banyak mahasiswa tingkat akhir yang mampu menyelesaikan semua mata kuliah dengan baik namun kelulusannya ditunda karena kesulitan menyelesaikan skripsi. Jika mahasiswa tidak dapat beradaptasi dengan kesulitan tersebut maka akan menimbulkan stres dan frustasi. Adanya tekanan-tekanan dalam proses penyelesaian skripsi, mahasiswa membutuhkan resiliensi yang tinggi dalam dirinya agar dapat bertahan dalam menghadapi kondisi yang sulit dan terus berusaha menyelesaikan skripsinya. Resiliensi ini disebut dengan resiliensi akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi resiliensi akademik mahasiswa tingkat akhir. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor regulasi emosi, optimisme, efikasi diri dan dukungan dari teman dan keluarga mempengaruhi resiliensi akademik. Faktor internal yang mempengaruhi resiliensi akademik adalah regulasi emosi, optimisme, dan efikasi diri sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi resiliensi akademik adalah dukungan dari teman dan keluarga.

Downloads

Published

2023-07-24

Issue

Section

Articles