Membiasakan Perilaku Disiplin Belajar Melalui Bimbingan Klasikal Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif

Authors

  • Novi Yuliana Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Indonesia
  • Azam Nashrudin Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Indonesia
  • Aldila Fitri Radite Nur Maynawati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Indonesia

Keywords:

bimbingan klasikal, perilaku disiplin belajar, media pembelajaran interaktif

Abstract

The purpose of this study is to describe the implementation of classical guidance services in familiarizing disciplinary behavior using interactive learning media. The research method used in this study uses a qualitative descriptive method. The data collection technique used was through an assessment of student needs questionnaires (AKPD), observation, and some information from guidance and counseling teachers. The subjects in this study were all twenty students of class X TO.2 at SMK PGRI Sukoharjo. This study uses data analysis techniques with data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The result of this writing is that students have been able to get used to disciplined learning behavior. It was proven when the guidance and counseling teacher provided student service material more enthusiastically, was able to complete discussion assignments and worksheets in a timely manner, listened when the teacher delivered material, played less online games during lessons, and did not play truant during lessons.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dalam membiasakan perilaku disiplin dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket kebutuhan peserta didik (AKPD), observasi, dan beberapa informasi dari guru bimbingan dan konseling. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TO.2 SMK PGRI Sukoharjo yang berjumlah dua puluh orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penulisan ini adalah siswa sudah mampu membiasakan perilaku disiplin belajar. Terbukti ketika guru bimbingan dan konseling memberikan materi layanan siswa lebih antusias, mampu menyelesaikan tugas diskusi dan lembar kerja dengan tepat waktu, mendengarkan ketika guru menyampaikan materi, mengurangi bermain game online ketika pelajaran, dan tidak membolos ketika pelajaran. 

Downloads

Published

2023-07-24

Issue

Section

Articles