Implementasi Rational Emotive Behaviour Therapy dengan Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa Kelas XII MIPA 2 di SMA Negeri 1 Gondang Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Muranti Adiningsih Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Erik Teguh Prakoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Usmani Haryanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Eny Kusumawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia

Keywords:

Kecemasan, Rational Emotive Behaviour Therapy, Teknik Relaksasi

Abstract

The reality that is happening now is that when facing exams students experience excessive anxiety, this is caused by anxiety about failure. The results of observations that have been made by the researcher explain that the causes of anxiety facing exams at SMA Negeri 1 Gondang are: (1) the environment where students live, (2) the mental condition of students, (3) physical factors, and (4) emotional states that are difficult to control by student. The purpose of this study was to find out "Implementation of Rational Emotive Behavior Therapy with Relaxation Techniques to Reduce Anxiety". The research method used is descriptive qualitative, data analysis in this study uses the Miles and Huberman model. Testing the validity of the data using Source Triangulation. So that the results obtained are that the Relaxation Technique is able to reduce the anxiety of facing exams experienced by students. Because it has the effect of calm, relief, and a sense of comfort. So that students can focus on doing the test again.

Realitas yang terjadi saat ini adalah ketika menghadapi ujian siswa mengalami kecemasan yang berlebihan, hal ini disebabkan oleh kecemasan akan kegagalan. Hasil observasi yang telah dilakukan peneliti menjelaskan bahwa penyebab kecemasan menghadapi ujian di SMA Negeri 1 Gondang adalah: (1) lingkungan tempat tinggal siswa, (2) kondisi mental siswa, (3) faktor fisik, dan (4) keadaan emosi yang sulit dikendalikan oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “Implementasi Terapi Rational Emotive Behavior Dengan Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kecemasan”. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Pengujian keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber. Sehingga diperoleh hasil bahwa Teknik Relaksasi mampu mengurangi kecemasan menghadapi ujian yang dialami siswa. Karena memiliki efek ketenangan, kelegaan, dan rasa nyaman. Sehingga siswa dapat fokus mengerjakan ulangan kembali.

Downloads

Published

2023-07-24

Issue

Section

Articles