PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF, AFEKTIF & PSIKOMOTOR
DOI:
https://doi.org/10.15294/icophs.v4i1.3536Keywords:
pendidikan jasmani, jigsaw, hasil belajar.Abstract
Penulisan kajian literatur bertujuan mengetahui maupun mengkaji efektifitas dan pengaruh pembelajaran pendidikan jasmani melalui model cooperative menggunakan salah satu tipe jigsaw atau zig-zag membentuk kelompok kecil terdiri dari materi dan ahli. Metode ini menggunakan PRISMA untuk menyaring perolehan data setelah didapatkan. Hasil pengaksesan artikel dari google cendekia diperoleh 10 artikel yang dimuat dalam jurnal masing-masing 5 internasional dan 5 nasional. Kesimpulan didapatkan penggunaan model kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran penjas meningkatkan hasil belajar dari seluruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, hal itu karena pengaruh dari pengalaman belajar, rasa tanggung jawab, serta kerjasama antar sejawat.