PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF, AFEKTIF & PSIKOMOTOR

Authors

  • Ittaqwa Ittaqwa Universitas Negeri Malang
  • Triatmo Joko Purnomo Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.15294/icophs.v4i1.3536

Keywords:

pendidikan jasmani, jigsaw, hasil belajar.

Abstract

Penulisan kajian literatur bertujuan mengetahui maupun mengkaji efektifitas dan pengaruh pembelajaran pendidikan jasmani melalui model cooperative menggunakan salah satu tipe jigsaw atau zig-zag membentuk kelompok kecil terdiri dari materi dan ahli. Metode ini menggunakan PRISMA untuk menyaring perolehan data setelah didapatkan. Hasil pengaksesan artikel dari google cendekia diperoleh 10 artikel yang dimuat dalam jurnal masing-masing 5 internasional dan 5 nasional. Kesimpulan didapatkan penggunaan model kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran penjas meningkatkan hasil belajar dari seluruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, hal itu karena pengaruh dari pengalaman belajar, rasa tanggung jawab, serta kerjasama antar sejawat.

Downloads

Published

2024-07-17

Issue

Section

Articles