PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RMS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMPN 11 MAGELANG

  • Ahmad Muhlisin
  • Nan Mujati
Keywords: Model Pembelajaran RMS, Motivasi, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Keberhasilan tujuan pembelajaran dipengaruhi oleh motivasi siswa dalam pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum optimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 11 Magelang pada kelas VIID mata pelajaran IPA. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket motivasi siswa, lembar tes, dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran RMS mampu meningkatkan motivasi yang ditunjukkan adanya peningkatan rata-rata motivasi pada pra siklus sebesar 65 dengan kategori sedang, rata-rata siklus I sebesar 102 dengan kategori tinggi, dan rata-rata siklus II sebesar 130 dengan kegori sangat tinggi. Aspek motivasi terendah pada self efficacy dengan nilai sebesar 88,4. Model pembelajaran RMS mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan dituukkan nilai rata-rata yang meningkat dan ketuntasan kelas. Sebelum penggunaan model pembelajaran RMS nilai rata-rata siswa 54,1 dengan ketuntasan kelas 10%, setalah penggunaan model pembelajaran RMS pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 73,3 dengan ketuntasan kelas 75% dan meningkat menjadi 90,3dengan ketuntasan kelas 95% pada siklus II.

Published
2019-05-15