KREATIFITAS MAHASISWA DAN DOSEN PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PENGAJUAN MASALAH PADA TOPIK PENGUBINAN

Authors

  • Filiph Neri Tatag
  • Esra Gresia Tri Budi Santosa
  • Daniel Khrisna Raditya

Keywords:

kreativitas, problem posing, pengubinan, Pendidikan Matematika, creativity, Mathematics education, burying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas mahasiswa dan dosen Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma dalam menciptakan permasalahan-permasalahan dari topic pengubinan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan problem posing yang merupakan pemberian suatu topic masalah dan subjek diminta untuk membuat masalah secara kreatif. Subjek penelitian dipilih secara acak tanpa memperhatikan tingkat kognitif individunya. Hasil permasalahan-permasalahan yang dimunculkan oleh beberapa mahasiswa dibandingkan dengan permasalahan-permasalahan yang dimunculkan oleh dosen. Hasil yang diberikan lebih difokuskan untuk melihat tingkat kreativitas terhadap permasalahan yang dimunculkan dan faktor penyebab tinggi rendahnya kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan, dari 11 mahasiswa, 1 mahasiswa menghasilkan 7 persoalan, 4 mahasiswa menghasilkan 5 persoalan, 1 mahasiswa menghasilkan 4 persoalan, 3 mahasiswa menghasilkan 3 persoalan, 1 mahasiswa menghasilkan 2 persoalandan 1 mahasiswa menghasilkan 1 persoalan. Dari hasil seluruh mahasiswa ditemukan 29 macam persoalan yang berbedadan 10 pola berbeda. Berdasarkan hasil dari 11 mahasiswa dan 3 dosen, permasalahan yang diajukan memiliki beberapa kemiripan, tetapi yang membedakan terletak pada solusi yang diberikan oleh kelompok dosen lebih sistematis dan jelas. Faktor penyebab tinggi rendahnya kreativitas dalam penelitian ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu kurangnya clue yang diberikan, pengalaman studi dari masing-masing subyek penelitian.

 

This research aims to find out the creativity in creating problems of tessellation topic of students and lecturers of Mathematics Education study program of Sanata Dharma University. This research is conducted using problem posing where the subjects were being asked to create other problems createvely from the topic problem given. The research subjects are chosen randomly regardless to the individual cognitive level. The result of the problems found by several students compares to the problems found by lecturers. The given results focuse to see the level of creativity to the problem findings and the factors affecting the level of creativity. The result shows that from 11 students, 1 student creates seven problems, 4 students create four problems, 3 students create three problems, 1 student creates two problems, and 1 student creates one problem. There are 29 different problems and 10 different patterns found by all of the students as the result. Based on the results of 11 students and 3 lecturers, there are some problems which have similarity, however the difference is on the clear and systematic solution given by the lecturers. The factors affecting the level of creativity in this research can be caused by several things, these can be clueless, and study experience of each research subject.

Downloads

Published

2019-05-15

Issue

Section

Articles