PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER NASIONALISME PADA GENERASI Z 4.0

  • Fitri Rachmawati
  • Khoirin Nida Fitria
Keywords: etnomatematika, discovery learning, pembelajaran matematika learning, Generasi z 4.0, nasionalisme, Generation z 4.0, nationalism, ethnomatematics, mathematics learning

Abstract

Revolusi Industri 4.0 merupakan era yang diwarnai oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence), era super komputer, rekayasa genetika, inovasi, dan perubahan cepat yang berdampak pada aspek disegala bidang khususnya pendidikan. Gejala ini diantaranya ditandai dengan banyaknya sumber informasi melalui media sosial, seperti youtube, instagram, dan sebagainya. Dampak yang ditimbulkan dalam bidang pendidikan adalah terkikisnya karakter nasionalisme siswa di era saat ini. Untuk menumbuhkan karakter nasionalisme siswa pada generasi Z 4.0 maka diperlukanya pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dalam model pembelajaran Discovery Learning. Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan matematika dengan unsur budaya. Selain itu siswa pada generasi Z 4.0 tidak tertarik mempelajari matematika karena pembelajaran masih konvensional dan monoton. Dengan demikian, pemilihan model pembelajaran, merupakan hal yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan guru.

 

The Industrial Revolution 4.0 is an era characterized by artificial intelligence, the era of super computers, genetic engineering, innovation, and rapid change that had an impact on aspects in all of education. These symptoms include the number of sources of information through social media, such as YouTube, Instagram, and so on. The impact caused in the aspects of education is the erosion of the character of student nationalism in the current era. To foster the character of nationalism of students in the Z 4.0 generation, it is necessary to have ethnomatematics-based on mathematics learning in the Discovery Learning model. Mathematics learning based on ethnomatematics is a learning approach that connects mathematics with cultural elements. In addition, students in generation Z 4.0 are not interested in learning mathematics because learning are still conventional and monotonous. Thus, the selection of learning models is something that is not less important for the teacher to pay attention.

Published
2019-05-15