MISKONSEPSI MATEMATIKA MATERI BILANGAN PADA MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR

  • Jayanti Putri Purwaningrum
  • Henry Suryo Bintoro
Keywords: Bilangan, Matematika, Miskonsepsi, Numbers, Mathematics, Misconception

Abstract

Miskonsepsi pada matematika masih banyak dialami oleh siswa tidak terkecuali pada jenjang perguruan tinggi. Miskonsepsi adalah suatu jenis kesalahan dalam memahami setiap konsep matematika dan menyelesaikan masalah matematis. Miskonsepsi tersebut dialami baik di sekolah maupun di rumah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang tujuannya untuk menganalisis miskonsepsi matematika pada mahasiswa calon guru sekolah dasar secara mendalam. Jenis penelitiannya adalah studi kasus. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus yang dipilih berdasarkan pertimbangan dosen-dosen pengampu mata kuliah Konsep Matematika mengenai kemampuan mahasisswa dalam mengemukakan pendapat atau jalan pikiran baik secara lisan maupun tulisan. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes materi bilangan yang mengandung miskonsepsi. Metode pengumpulan data menggunakan tes materi bilangan dan wawancara. Metode analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi pada mahasiswa calon Guru Sekolah Dasar terjadi pada 1) konsep pengertian bilangan asli, cacah, bulat dan rasional; 2) konsep operasi bilangan bulat; 3) konsep tanda minus dan negatif sebagai operasi bilangan maupun jenis bilangan; dan 4) konsep penggunaan garis bilangan pada operasi bilangan bulat.

Misconceptions in mathematics are still experienced by many students, including in college level. Misconception is a type of error in understanding every mathematis concept and solving mathematics problems. This misconception is experienced both at school and at home. The research conducted is descriptive qualitative research which aims to analyze mathematical misconceptions of candidate teacher in primary school in depth. The type of research is a case study. The research subjects were students that become candidate teacher in primary school, Muria Kudus University who were selected based on the consideration of Mathematics Concept lecturers on the ability of students to express their opinions or thoughts both orally and in writing. The determination of the research subject is based on the results of number material tests that contain misconceptions. Data collection methods using tests and interviews. Data analysis method uses data reduction techniques, data presentation, conclusions and verification. The results of the study indicate that misconceptions on candidate teacher in primary school occur in 1) the concept of the understanding of natural numbers, whole numbers, integers and rational numbers; 2) the concept of integer operations; 3) the concept of minus and negative signs as numbers and types of operations; and 4) the concept of using number lines in integer operations.

Published
2019-05-15