PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP BERORIENTASI JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA MATA KULIAH TAKSONOMI HEWAN

  • Ning Setiati
  • Siti Alimah
  • Partaya Partaya
Keywords: peningkatan pemahaman, peta konsep, Jelajah Alam Sekitar, Taksonomi Hewan, the increasing of understanding, concept map, JAS, animal Taxonomy

Abstract

Mahasiswa secara dominan bersikap pasif dalam proses perkuliahan, mereka mengalami kesulitan dalam komunikasi atau tidak berani bertanya. Sudah menjadi kebiasaan mahasiswa menghafalkan pelajaran, sehingga tidak terlihat adanya pengembangan diri. Penelitian ini dilaksanakan di Rombel 1 yang berjumlah 32 mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi semester genap tahun 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran menggunakan peta konsep berorientasi JAS sesuai materi yang tertuang dalam silabus. Penilaian meliputi proses yang terdiri dari: (1) praktikum dengan pendekatan JAS (2) diskusi; (3) presentasi, (4) kerja kelompok; (5) dan produk awetan hewan; (6) Kuesioner motivasi; (7) Isian pedoman wawancara untuk mahasiswa dan (8) diskusi kelas/kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes apabila dibandingkan dengan sebelum menerapkan peta konsep berorientasi JAS, hal ini dapat diketahui dari hasil belajar siswa yaitu dari 66 menjadi 78 dengan tuntas belajar dari 63% menjadi 87%, sedangkan hasil analisis terhadap proses perkuliahan memperoleh 74,84% mahasiswa termotivasi dalam mengikuti perkuliahan Taksonomi Hewan karena menyenangkan banyak melibatkan mahasiswa aktif dan akhirnya lebih mudah dalam pemahamannya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan peta konsep berorientasi Jelajah Alam Sekitar (JAS) dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi Taksonomi Hewan. Untuk pembelajaran menggunakan peta konsep berorientasi JAS, maka perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut. kesiapan dosen dalam merancang tempat atau media yang representatif, kesiapan mahasiswa perlu diberi pembekalan ketrampilan dan pelatihan identifikasi dan klasifikasi hewan. Untuk efisiensi waktu ada sebagian tugas-tugas yang berkaitan dengan JAS dapat dilakukan di rumah, sesuai petunjuk dosen.

 

Students dominantly have passive attitude, they have difficulties in communication or have no courage to ask. It is common for students to memorize the lessons, so that there are no self-improvements.This study was carried out on Rombel 1 which is consists of 32 students at Biology Education on even semester year 2017/2018 with applying learning model used concept map on JAS oriented based on material in syllabus. Scoring cover some process which are consist of: (1) practice with JAS approach; (2) discussion; (3) presentation; (4) working in team; (5) animal preserved product; (6) motivation questionnaire; (7) form of interview guide for students; and (8) class/team discussion. The result of this study shows the increase of test result than before applying concept map on JAS, it is known by the result of student learning from 66 become 78 with complete learning from 63% become 87%, while the analysis result to lecturing process got 74,84% and students are motivated in Animal Taxonomy course because it fun and involving active students and finnaly it is easier in understanding. The conclusion of this study, by using JAS, can increase the result study of studentson Animal Taxonomy. The learning use concept map on JAS oriented, so some notice needed on as follow: the readiness of a lecturer in designing representative place or media, the readiness of the student also need given skill and trainning in animal classification and identification trainning. To save the time there are some assigments which related to JAS, can be done at home, based on lecturer guide.

Published
2019-05-15