KREATIFITAS SISWA KELAS VI SD DALAM MENGENALI BENTUK GEOMETRIS PADA ANYAMAN INDONESIA

  • Mentari Magdalena Ndeoa
  • Clarica Lusia Bhubhu Putri Nggumbe
  • Yuliana Kurniawati
Keywords: Kreatifitas, Geometris, Anyaman, Creativity, Geometric, Plaiting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreatifitas siswa dalam menemukan dan menggambarkan bentuk geometris yang terdapat pada anyaman Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Timbulharjo, Sleman, Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis pada lembar kerja siswa (LKS) dimana anyaman diberikan dalam bentuk gambar. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa kebanyakan siswa memilih gambar anyaman pertama dan ketiga dengan alasan yang berbeda-berbeda. Oleh karena itu, peneliti mengelompokan siswa dalam beberapa kelompok menurut tingkat kreatifitas siswa dalam menemukan bentuk geometris pada anyaman maupun menggambarkannya pada kertas berpetak. Kreatifitas siswa juga ditemukan dari bagaimana siswa memilih dan mengkombinasikan warna dengan bentuk pada gambar yang dibuat siswa. Peneliti menyimpulkan bahwa anyaman dapat digunakan untuk mendorong kreatifitas siswa dalam pembelajaran matematika.

This study aims to determine the creativity of students in finding and describing the geometric shapes contained in Indonesian’s plaiting. This research was conducted using qualitative descriptive method. The subjects were sixth grade students of Timbulharjo Elementary School, in Sleman, Yogyakarta. The instrument used is a written test on student worksheet where weaving is given in the form of drawings. Based on the results of the study, researchers found that most students chose the first and third webbing images for different reasons. Therefore, researchers make students in several groups according to the level of students’ creativity in finding geometric shapes on the webbing and describing them on the plotted paper. Students’ creativity are also founding in how students choose and combine colors with shapes in the images made by students. The researchers concluded that plaiting can be used to encourage students’ creativity in mathematics learning.

Published
2019-05-15