KREATIVITAS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENGENALI POLA DAN PENENTUAN RUMUS SUATU SUSUNAN BENDA

  • Gristi Damaiyanti Parhusip
  • Ajeng Yessa Carolina
  • Brigita Florensia Rusmiyati Uba Ina
Keywords: Kreatif, Pengenalan Pola, Penentuan Rumus, Creative, Pattern Recognition, Formula Determination

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas mahasiswa dalam mengenali pola dan penentuan rumus suatu susunan benda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas Sanata Dharma angkatan 2017. Instrumen yang digunakan berupa Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Data penelitian disajikan, dianalisis, dibahas, dan disimpulkan. Soal yang diberikan berupa susunan benda yang dibentuk lalu mahasiswa diminta untuk menentukan cara atau metode dalam menghitung banyaknya benda tersebut dengan berbagai cara. Dari hasil penelitian di dapat informasi bahwa ada mahasiswa Pendidikan Matematika yang mampu berpikir kreatif dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan walaupun hasil yang diperolah kurang tepat. Selain itu, ada mahasiswa yang belum mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan sehingga hasil yang diperoleh kurang tepat. Mahasiswa mengerjakan permasalahan dengan cara manual dan ada juga yang sudah memulai mencoba menyelesaikan dengan menentukan rumus.

 

This study purpose to know student creativity in the process and formulas determination of object arrangement. This research was conducted using qualitative descriptive method. Subjects in this study were students of 2017 Mathematics Education, Sanata Dharma University. The instrument is a Student Worksheet (LKM). Research data is presented, analyzed, discussed, and concluded. The questions given are arrangement of objects formed then students are asked to determine the way or method in calculating the number of objects in various ways. From the research results obtained information that there are Mathematics Education students who are able to think creatively in solving problems given even though the results obtained are not appropriate. In addition, there are students who have not been able to solve the problems given so that the results obtained are not correct. Students work on the problem manually and some have started trying to solve by determining the formula.

Published
2019-05-15