PEMANFAATAN TES BENTUK TESTLET SEBAGAI INSTRUMEN PENDETEKSI KESULITAN BELAJAR MAHASISWA CALON GURU IPA PADA TOPIK MATERI ENTALPI MOLAR

  • Riva Ismawati
  • Eli Trisnowati
Keywords: calon guru IPA, entalpi molar, kesulitan belajar, termokimia, testlet, science teacher candidates, molar enthalpy, learning difficulties, thermochemistry

Abstract

Entalpi molar merupakan topik materi dalam kajian termokimia yang telah dipelajari mahasiswa pada saat SMA. Kajian sebelumnya telah menunjukkan bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan untuk mempelajari topik tersebut. Kesulitan belajar perlu diketahui oleh dosen sebelum kegiatan pembelajaran agar dosen dapat merencanakan kegiatan pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar mahasiswa calon guru IPA pada topik materi entalpi molar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa kelas 2 Prodi Pendidikan IPA tingkat I Universitas Tidar tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan adalah tes jenis teslet sebanyak 9 soal dengan 3 soal utama dan 3 soal pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa telah mampu menentukan persamaan termokimia reaksi pembentukan (67%), reaksi penguraian (61%), dan reaksi pembakaran (51%). Selain itu, diketahui mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam mengaitkan perbandingan mol reaktan maupun produk terhadap energi yang dibebaskan atau diserap oleh reaksi. Hasil tersebut memberikan implikasi pada pemilihan model pembelajaran aktif yang sesuai untuk membelajarkan materi.

Molar enthalpy is a topic of material in thermochemistry that students have learned during high school. Previous studies have shown that students still have difficulty learning the topic. Learning difficulties need to be known by the lecturer before learning activities so that the lecturer can plan the right learning activities. The purpose of this study was to determine the learning difficulties of science teacher candidates in enthalpy molar material. This research is a descriptive study with a quantitative approach. The sample of the study was the second grade students of the first level of Natural Sciences Education Program at Universitas Tidar in the academic year of 2017/2018. The instrument used is a test type testlet with 9 questions with 3 main questions and 3 supporting questions. The results showed that some students were able to determine the thermochemical equation of formation reaction (67%), decomposition reaction (61%), and combustion reaction (51%). In addition, it was known that students still had difficulties in linking the mole ratio of reactants and products to the energy released or absorbed by the reaction. These results have implications for the selection of active learning models that are suitable for teaching material.

Published
2019-05-15