MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN RPP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA

  • Dafid Slamet Setiana

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyusun RPP dengan pendekatan saintifik mahasiswa S1 Pendidikan matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 Siklus. Adapun setiap siklus terdiri dari 4 langkah yang meliputi tahap Planning (perencanaan), Action (Tindakan), Observation (pengamatan), dan Reflecting (Refleksi). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta semester 6 Tahun Akademik 2017/1018 pada mata kuliah Kajian Kurikulum sebanyak 36 mahasiswa. Data yang dibutuhkan dalam penelitian dihimpun menggunakan tes dan observasi. Data kuantitatif yang berupa skor tes kemampuan menyusun RPP dianalisis dengan analisis deskriptif dengan menggunakan penilaian acuan patokan.Hasil penelitian yaitu melalui pendekatan saintifik dapat meningkatan kemampuan menyusun RPP mahasiswa S1 Pendidikan matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, peningkatan dapat dilihat dari hasil analisis penilaian penyuisunan RPP yang mengalami peningkatan rata-rata nilai dari 80,97 pada siklus I dan meningkat menjadi 91,53 pada siklus II.

Published
2019-05-15