KREATIVITAS MAHAMAHAMAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PERBANDINGAN LUAS

  • Olivia Dian Hermawati
  • Achiles Ken
  • Maria Helena Nonot
Keywords: kreativitas, Multiple Solution Tasks (MST), perbandingan luas, creativity, broad comparison

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah yang mempunyai banyak solusi dalam menyelesaikannya permasalahan dalam soal. Banyak cara dan strategi atau Multiple Solution Tasks (MST) digunakan untuk menyelesaikan permasalah dalam perbandingan luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kreatif dengan cara melihat jawaban yang dituliskan oleh mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. penelitian dilakukan di bulan oktober 2018. Subyek penelitian yang digunakan adalah mahamahamahasiswa angkatan 2016 dan 2017. Instrumen penelitian berupa tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa masing masing mahamahamahasiswa mempunyai cara dan strategi sendiri untuk menyelesaikan soal namun mempunyai hasil akhir yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa matematika membutuhkan kreatifitas yang tinggi dan untuk menyelesaikan masalah dalam matematika dapat menggunakan berbagai cara, tidak hanya monoton/mutlak pada cara tertentu. Dari penelitian ini diharapkan dapat mengubah cara berpikir seseorang bahwa tidak hanya terdapat satu cara dalam menyelesaikan masalah dalam matematika.

 

Mathematics is one of the subjects in schools that have many solutions in solving problems in the problem. Many ways and strategies or Multiple Solution Tasks (MST) are used to solve problems in broad comparisons. This study aims to identify the ability to think creatively by looking at the answers written by students. This research was conducted with a qualitative descriptive approach. The study was conducted in October 2018. The research subjects used were students of the 2016 and 2017. The research instruments were written tests. Based on the results of the study shows that each student has his own way and strategy to solve the problem but has the same final result. This shows that mathematics requires high creativity and to solve problems in mathematics can use a variety of ways, not only monotonous / absolute in certain ways. From this research, it is hoped that it can change a person's thinking that there is not only one way to solve problems in mathematics.

Published
2019-05-15