KREATIVITAS SISWA KELAS IV MEMAHAMI REPRESENTASI VISUAL PECAHAN DALAM BENTUK BANGUN DATAR

  • Rafael Gloriandaru Oktaviantoa
  • Brigita Fanny Septiana
  • Maria Noviyanti Weka
Keywords: berpikir, kreatif matematis, pecahan, thinking, creative mathematical, fractions.

Abstract

Proses produksi tempe lebih didominasi oleh pekerjaan manual mulai dari persiapan bahan hingga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara berpikir kreatif siswa dalam memahami representasi visual pecahan pada bangun datar. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang melalui soal tes pecahan. Soal tes yang diberikan berupa tes tertulis materi pecahan pada bangun datar. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD sebanyak 10 siswa yang diambil secara random di Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif matematis dari 10 siswa kelas IV SD Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo yaitu sebanyak 1 siswa yang memiliki kreativitas pada kategori sangat baik, 4 siswa memliki kreativitas baik, 3 siswa yang memliki kreativitas cukup dan 2 siswa memiliki kreativitas kurang. Secara umum, dari keempat aspek kreativitas siswa kelas IV SD di Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulon Progo dalam memahami representasi visual pecahan pada bentuk bangun datar lebih dominan pada aspek kelancaran sedangkan masih sangat kurangnya kreativitas siswa pada aspek keluwesan.

This study aims to determine the creative thinking of students in understanding the visual representation of fractions on a flat wake. The method of this research is qualitative research. The instrument used is a test of mathematical creative thinking skills through fraction test questions. Test questions are given in the form of written tests of fraction material on a flat wake. The study sample was 10 elementary school students in the grade of 10 students taken randomly in Kalibawang District, Kulon Progo Regency. Data analysis techniques are done by collecting data, processing data, presenting data, and drawing conclusions. The results showed mathematical creative thinking skills of 10 fourth grade students of SD Kalibawang Subdistrict, Kulon Progo Regency. There were 1 student who had creativity in a very good category, 4 students possessed good creativity, 3 students possessed sufficient creativity and 2 students had less creativity. In general, from the four aspects of creativity of grade IV elementary school students in Kalibawang Subdistrict Kulon Progo Regency in understanding the visual representation of fractions in a flat shape, it was more dominant in aspects of fluency while there was still a lack of students' creativity in aspects of flexibility.

Published
2019-05-15