TINGKAT KREATIVITAS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN FARMASI DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATERI TEORI BILANGAN

  • Veronika Elin Yuvita Cahya
  • Christina Candra Aditya
  • Clara Wahyu Purba Laras
Keywords: kreativitas, soal pembuktian, pemecahan masalah, rubrik penilaian CPR, creativity, proof problems, problem solving, CPR

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang bersifat abstrak maka diperlukan pemahaman dan cara berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif tidak dapat dimiliki secara langsung oleh setiap mahasiswa, namun dapat dikembangkan dengan mengerjakan soal-soal latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kreativitas mahasiswa dari dua program studi yang berbeda. Tingkat perkembangan kreativitas mahasiswa dilihat dari hasil pengerjaan soal pembuktian pada materi teori bilangan menggunakan rubrik penilaian Crativity-in-Progress (CPR). Rubrik CPR meliputi 2 kategori utama yaitu making connections dan taking risks dengan masing-masing memiliki 3 tingkatan kreativitas yaitu beginner, developing dan satisfactory. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 4 mahasiswa angkatan 2015 dengan rincian 2 mahasiswa Pendidikan Matematika dan 2 mahasiswa Farmasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan tingkat kreativitas 2 mahasiswa Pendidikan Matematika sudah mencapai tahap satisfactory untuk kedua kategori making connections dan taking risks yaitu mampu mengaitkan teorema dan mengevaluasi hasil pengerjaan. Sedangkan mahasiswa Farmasi masih pada tahap beginner dan developing untuk kedua kategori making connections dan taking risks yaitu mampu mengetahui teorema yang terkait.

Mathematics is an abstract science, therefore it requires an ability to understand and creative thinking. The ability to think creatively cannot be owned automatically by every college student, however it can be developed by doing some exercises. This study aims to measure the students’ creativity of two different study programs. The method used is a case study qualitative research method. The subjects of this study were 2 Mathematics Education Study Program students and 2 Faculty of Pharmacy students. The results of this study indicate that the creativity level of 2 students of Mathematics Education Study Program has been reaching satisfactory level for both categories of making connections and taking risks. While Faculty of Pharmacy students are still in the beginnning and developing level for both categories of making connections and taking risks that they are able to know related theorem.

Published
2019-05-15