ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KESALAHAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL

  • Paridjo Paridjo
Keywords: Pemecahan masalah, kesalahan konseptuan, kesalahan procedural, Problem solving, conceptual errors, procedural errors

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa ditinjau dari kesalahan konseptual matematika dan 2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa ditinjau dari kesalahan procedural matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatis deskriptif eksploratif. Data dikumpulkan dengan teknik pengambilan sampel purpusif sampel. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 1 program studi pendidikan matematika. Subjek penelitian dipilih tiga mahasiswa dengan latar belakang sekolah asal SMA jurusan IPA, SMA jurusan IPS dan SMK jurusan akuntansi. Data diperoleh dengan tes bentuk uraian mata kuliah Aljabar dan wawancara untuk mengetahui lebih jauh kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kesalahan konseptual kurang. 2) Kemampuan pemecahan masalah titinjau dari kesalahan procedural masih kurang. 3) Kesalahan konseptual yang sering dilakukan adalah memodelkan kosep dan menyatakan dalam notasi dan ide, 4) Kesalahan prosedural yang sering dilakukan adalah kesalahan dalam menjelaskan atau membenarkan satu cara pemecahan masalah.

This study aims at 1) to describe students 'problem solving abilities in terms of conceptual errors of mathematics and 2) to describe students' problem solving skills in terms of procedural errors in mathematics. This study uses a descriptive exploratory qualitative research approach. Data was collected by purposive sampling technique. The research sample was the first semester students of the mathematics education study program. The research subjects were selected by three students with school backgrounds from high school majoring in science, high school social studies and vocational majors majoring in accounting. Data was obtained by testing the form of description of Algebra courses and interviews to find out more about the ability to solve problems in terms of conceptual errors and procedural errors. The results of the study show that 1) problem solving ability in terms of conceptual errors is lacking. 2) Problem solving skills reviewed from procedural errors are still lacking. 3) The conceptual error that is often done is modeling the concept and expressing it in notations and ideas, 4) Procedural errors that are often done are errors in explaining or justifying a way of solving problems.

Published
2019-05-15