APLIKASI STRATEGI REACT DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID: ADAPTIVE ELEARNING DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

  • Muhammad Irfan Rumasorenga
Keywords: Pengembangan, REACT, Berbasis Android, Development, Android Based

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana media pembelajaran matematika berbasis android yang baik ditinjau dari adaptive e-learning dan kemampuan pemecahan masalah serta mengetahui tingkat validitas media pembelajaran matematika berbasis android dengan mengaplikasikan strategi REACT yang baik ditinjau dari adative e-learning dan kemampuan pemecahan masalah. Prosedur dalam mengembangkan media pembelajaran matematika mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu: analysis (analisis), design (perancangan), development (produksi), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Adapun kualitas produk, pendesainan, pengembangan, dan pengevaluasian program harus memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sedayu. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah mampu memperoleh media pembelajaran matematika virtual dengan software Appy Pie dan prototype aplikasi mobile learning berbasis Android dan telah diperolehnya tingkat validitas media pembelajaran matematika virtual dan prototype aplikasi berbasis android yang ditinjau dari adaptive e-learning dan kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan telah melalui proses validasi dan penilaian dengan melakukan revisi sebanyak 3 kali. Media pembelajaran matematika virtual berbasis android juga ditujukan untuk adaptive e-learning dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam belajar matematika. Kualitas produk yang dikembangakam juga dinyatakan sangat baik berdasarkan penilai ahli materi dan pembelajaran matematika, ahli media dan siswa sehingga layak digunakan untuk skala yang lebih besar. Produk ini dirancang sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk menyampaikan materi dikelas.

This research aims to identify how the proper learning media mathematics android based through adaptive e-learning and ability to solve the problem and identify the validity level of learning media mathematics android based which applied the strategic REACT through adaptive e-learning and ability to solve the problem. The procedure which develop the learning media mathematics based on ADDIE model, they are Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Then the quality product, design, development, and evaluation program should fulfill the valid criteria, practice, and effective. The subject of the research is students of eleven grade of SMA Negeri 1 Sedayu. The indicator of success of the research is able to get the learning media mathematics virtual by using software Appy Pie and prototype mobile learning application android based and acquire the validity level the learning media mathematics virtual and prototype application android based through adaptive e-learning and ability to solve the problem. The result shows that development product pass through validity and assessment by doing revision three times. Learning media mathematics virtual android based also for e-learning and improve the ability of solving the problem in learning mathematics. Quality product which improved also stated as good based on the assessment of material expert and learning mathematics, media expert and students thus suitable in big scale. The product posted as learning media which can be used by teacher to deliver the material in the class.

Published
2019-05-15