EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE TERHADAPHASIL BELAJAR MATEMATIKA

  • Ani Zul Fatunisa
  • AA Sujadi
  • Irham Taufiq
Keywords: NHT, TPS, Hasil belajar matematika, Learning result

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif antara
menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share
(TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah true exsperimental
dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah semua
siswa kelas VIII SMP N 10 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster
Random Sampling diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII E
sebagai kelase ksperimen II. Uji coba instrument menggunakan uji yaliditas item, tingkat
kesukaran, daya beda dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji-t, tetapi
sebelumnya dilakukan uji prasyaratan alisis dan uji keseimbangan rata -rata. Uji prasyaratan
alisis meliputi uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian pada uji Independent Sample
Test diperoleh Sig.=0,047 dan α =0,05, karena Sig.<α=0,05 berarti model pembelajaran NHT
lebihe fektif diterapkan dalampem belajaran matematika dari pada model pembelajaran TPS.
Didukung dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas NHT adalah 81,59 dan TPS adalah 76,06.

 

The aim of this research to know the effectivity of using Numbered Head Together (NHT)
learning model and Think Pair Share (TPS) learning model toward the mathematic learning
result of students. The type of this research is true experimental with posttest only control
design. The population in this research are all VIII grade student of SMP N 10 Yogyakarta.
The technique to take sample used cluster random sampling technique obtained class VIIIB
as experiment class I and class VIII E as experiment class II. Instrument testing used item
validity test, level of difficulty, power difference , and reliability test. The data analysis
teachnique used. t-test, but previously carried out an analysis prerequisite testand the
average balance test. Analysis prerequisite testwhich is included tests for normality, and
homogeneity.The result of the research on the Independent Sample Test obtained Sig. =0,047
and α=0,05, because Sig.<α=0,05 means that the NHT learning model is more effectively
applied in mathematics learning than the TPS learning model. Supported by the average
learning result of NHT class students is 81,59 and TPS is 76,06.

Published
2020-01-16