ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA ISLAM SECANG PADA MATERI TRIGONOMETRI

Authors

  • Gunawan Gunawan
  • Bagas Ardiyanto
  • Maryam Abdulloh
  • Safrilia Septiasari
  • Lestari Setyaningrum

Keywords:

kemampuan berpikir kreatif,, trigonometri, creative thinking ability, trigonometry

Abstract

Setiap siswa mempunyai kemampuan berpikir kreatif matematis yang berbeda-beda. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI SMA
Islam Secang dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi trigonometri. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak empat belas
subjek dengan kategori hasil belajar tinggi, enam subjek dengan kategori hasil belajar sedang,
dan dua subjek dengan kategori hasil belajar rendah. Data pada penelitian ini adalah kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa kelas XI SMA Islam Secang. Instrumen pada penelitian ini
adalah peneliti sebagai instrumen utama dan tes tertulis kemampuan berpikir kreatif matematis.
Dengan mengacu pada indikator kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari kefasihan,
fleksibilitas, dan kebaruan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa yang
berada pada kategori berpikir kreatif matematis sedang adalah siswa dengan hasil belajar tinggi
dan kategori berpikir kreatif matematis siswa rendah adalah siswa dengan hasil belajar sedang
dan rendah.

 

Every student has different mathematical creative thinking abilities. This study aims to
determine the mathematical creative thinking ability of class XI Secang Islamic High School
students in solving mathematical problems on trigonometry material. This type of research is
qualitative research. The subjects in this study were fourteen subjects in the category of high
learning outcomes, six subjects in the medium learning outcomes category, and two subjects
in the category of low learning outcomes. The data in this study are the ability of mathematical
creative thinking in class XI Secang Islamic Senior High School. The instrument in this study
was the researcher as the main instrument and written test of mathematical creative thinking
abilities. By referring to indicators of creative thinking ability consisting of fluency, flexibility,
and novelty. The results of research conducted showed that students who are in the category
of moderate mathematical creative thinking are students with high learning outcomes and the
category of low mathematical creative thinking students are students with moderate and low
learning outcomes.

Downloads

Published

2020-01-16

Issue

Section

Articles