HIDROPONIK SEBAGAI LABORATORIUM PEMBELAJARAN LINGKUNGAN HIDUP ANAK USIA DINI

  • Desi Nurhikmahyanti
  • Riva Ismawati
  • Sukarno Sukarno
  • A. Sri Haryati
Keywords: hidroponik, laboratorium pembelajaran, lingkungan hidup, anak usia dini

Abstract

Tujuan studi ini adalah menginisiasi rumah hidroponik untuk laboratorium lingkungan hidup sebagai media pembelajaran pendidikan anak usia dini terutama siswa TK Al Islam Balesari kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Model pembelajaran anak usia dini yang diterapkan yaitu model pembelajaran kelompok dimana siswa dibagi menjadi empat kelompok, setiap kelompok melakukan kegiatan yang berbeda. Dalam pembuatan hidroponik system outdoor activities dengan menggunakan konsep sekolah alam. Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan adalah dengan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan alam di Desa Balesari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang terutama anak usia dini. Hasil dari studi ini adalah sebagai berikut: (1). pembelajaran lingkungan hidup dengan hidroponik di TK Al Islam Balesari mewujudkan kepedulian dan partisipasi terhadap kesadaran limgkungan sekitar sekolah dan rumah siswa, (2) terwujudnya program penghijauan di lingkungan Desa Balesari, (3) adanya sinergi antara TK Al Islam Balesari dengan pemerintah Desa Balesari dalam program hidroponik sebagai laboratorium lingkungan hidup.

Published
2020-01-16