EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN KOTAK AKAR PANGKAT TIGA DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Nanang Khuzaini
  • Faiza Laela Rakhmi
  • Muhammad Irfan Rumasoreng
  • Suswati Suswati
Keywords: Efektifitas, Think Pair Share, Motivasi dan Hasil Belajar, Effectiveness, Motivation and Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan kotak akar pangkat tiga
dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Godean.
Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest, posttest dan angket
motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pembelajaran matematika
menggunakan Kotak Akar Pangkat Tiga dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share efektif jika ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa; pembelajaran matematika
menggunakan kotak akar pangkat tiga dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional jika ditinjau dari
motivasi dan hasil belajar siswa.

 

This study aims to determine the effectiveness of the use of cube root box with cooperative
learning model type Think Pair Share. This type of research is a quasi-experimental. The
population in this study were eighth grade students of Godean 2 Public Junior High School. The
instruments used in this study were pretest, posttest and the questionnaire of learning motivation
of students. On the results of the study, it indicates that mathematical learning using the Cube
Root Box with the cooperative learning model of Think Pair Share is effective if it is viewed from
the motivation and learning outcomes of students; mathematics learning using the cube root box
with the cooperative learning model Think Pair Share is more effective than the conventional
learning model if viewed from the motivation and student learning outcomes.

Published
2020-01-16