EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PERMAINAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Nuryadi Nuryadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Eri Yuliarti Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Melania Eva Wulanningtyas Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Isna Kholifa Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: multimedia, permainan, hasil belajar, game, learning outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah penerapan metode permainan interaktif berbasis multimedia efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan untuk mendeskripsikan manakah yang lebih efektif antara metode permainan interaktif berbasis multimedia dan metode konvensional untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group design. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 SMA Negeri 1 Seyegan yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan interaktif berbasis multimedia efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa, dan diperoleh bahwa metode permainan interaktif berbasis multimedia lebih efektif digunakan daripada metode konvensional untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

 

The research aims to describe whether of applying multimedia-based interactive game methods to improve student mathematics learning outcomes and to describe in order to figure out the most effective method for improving students’ mathematics learning outcomes. The research is experimental with pretest-posttest control group design. The sample in this researchare grade X MIPA 3 and X MIPA 4 SMA Negeri 1 Seyegan which consist of 31 students. The results of this research indicates that applying multimedia-based interactive game method gives a significant impact to the improvement of student mathematicslearning outcomes. It is also evidentthat applying multimedia-based interactive game method more effective than conventional method in terms of improving student mathematics learningoutcomes.

Published
2020-01-16