ANALISIS KEBUTUHAN PENYUSUNAN BUKU AJAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UAD

Authors

  • Nani Aprilia
  • Destri Ratna Ma’rifah

Keywords:

mata kuliah, buku ajar, pengembangan instrumen pembelajaran biologi, courses, textbooks, development of biology learning instruments

Abstract

Setiap mata kuliah memiliki karakteristik masing-masing dan disesuaikan dengan gaya belajar mahasiswa. Dengan demikian diperlukan suatu bahan ajar yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam membantu kegiatan belajarnya. Guna mewujudkan hal tersebut, perlu diketahui terlebih dahulu kebutuhan dalam penyusunan buku ajar pada mata kuliah pengembangan instrumen pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian merupakan penelitian survei. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket terbuka terkait respon mahasiswa dalam pembelajaran di mata kuliah pengembangan instrumen pembelajaran biologi dan melakukan observasi dalam kegiatan pembelajaran. Data yang diperoleh terdiri atas data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis secara deksriptif dengan persentase dan data kualitatis dianalisis secara deskriptif. Analisis kebutuhan ini merupakan bagian dari penelitian dan pengembangan (R&D) untuk nantinya sebagai dasar penyusunan buku ajar yang akan dikembangkan dalam tahapan pengembangan produk. Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan, penyusunan buku ajar mata kuliah ini diperlukan demi efektivitas dalam kegiatan pembelajaran.

Each course has its own characteristics and is adapted to the student's learning style. Thus a teaching material is needed which can be used by students in helping their learning activities. In order to make this happen, it was necessary to know in advance the needs in the preparation of textbooks in the course of developing biology learning instruments. The method used in the study was survey research. Data collection is done by filling out an open questionnaire related to student responses in learning in the course of developing biology learning instruments and conducting observations in learning activities. The data obtained consists of quantitative and qualitative data. Quantitative data were analyzed descriptively with percentages and qualitative data analyzed descriptively. This needs analysis is part of research and development (R & D) to later become the basis for the preparation of textbooks that will be developed in the stages of product development. Based on the analysis of needs that have been carried out, the preparation of textbooks for this course is needed for effectiveness in learning activities.

Downloads

Published

2019-05-15

Issue

Section

Articles