Optimalisasi Tugas Sekretaris dalam Mendukung Kinerja Administrasi dan Humas
DOI:
https://doi.org/10.15294/bap.v1i1.276Keywords:
sekretaris, administrasi, humas, optimalisasi, peran strategisAbstract
Seiring perkembangan zaman, organisasi modern menuntut adanya perubahan pada peran sekretaris. Dari yang awalnya hanya melakukan fungsi administrasi tradisional menjadi posisi strategis yang berperan mendukung kinerja administrasi dan kehumasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis apa saja tugas sekretaris dalam dua fungsi utama organisasi dan merumuskan strategi optimalisasi peran tersebut. Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekretaris memiliki peran penting dalam mengelola informasi, mengefisiensi sistem administrasi dan mendukung kegiatan humas seperti: komunikasi dengan pihak eksternal dan menguatkan citra suatu organisasi atau perusahaan. Beberapa faktor yang mendukung optimalisasi adalah peningkatan kompetensi SDM, peran aktif dalam komunikasi strategis dan dukungan teknologi. Sementara faktor yang menghambat optimalisasi adalah beban kerja yang melebihi kapasitas, kurangnya pelatihan dan lemahnya struktur organisasi yang mendukung peran sekretaris. Penelitian ini membahas strategi optimalisasi tugas sekretaris dalam mendukung kinerja administrasi dan humas, serta menekankan pentingnya pemberdayaan sekretaris sebagai mitra manajemen. Implikasi dalam penelitian ini meliputi: perbaikan kebijakan pengelolaan SDM, penguatan fungsi humas pada institusi dan pengembangan kurikulum untuk pendidikan vokasional sekretaris.