ADMINISTRASI KANTOR DI ERA DIGITAL: PELUANG DAN TANTANGAN DALAM PELAYANAN PUBLIK

Authors

  • Ruliyani Ruliyani Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang
  • Nina Oktarina Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.15294/bap.v1i1.279

Keywords:

Administrasi kantor; era digital; peluang; tantangan; layanan publik.

Abstract

Era digital membawa perubahan terhadap administrasi kantor yang mencakup rangkaian kegiatan operasional kantor seperti pada pelayanan publik. Pelayanan publik ini sebagai bentuk kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah atau lembaga publik demi memenuhi kebutuhan serta kepentingan masyarakat sehingga tercapainya kesejahteraan. Percepatan teknologi informasi dan komunikasi di era digital yang fokusnya pada pelayanan publik menimbulkan peluang dan tantangan. Ada berbagai peluang yang terjadi seperti peningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan, adanya transparansi serta akuntabilitas, peningkatkan partisipasi masyarakat dan terjalinnya kolaborasi. Sedangkan untuk tantangannya yakni infrastruktur yang belum merata, minimnya anggaran, rendahnya literasi digital masyarakat dan regulasi yang belum mendukung. Tantangan dan peluang dalam pelayanan publik di era digital dapat dihadapi oleh pemerintah atau lembaga publik dengan menerapkan strategi implementasi yang cermat serta terarah dalam mencapai tujuan jangka panjang. Pembahasan mengenai administrasi kantor di era digital serta peluang dan tantangan dalam pelayanan publik dapat dijadikan sebagai referensi dalam menghadapi peluang serta tantangan pada layanan publik. Administrasi kantor yang berkembang dengan memanfaatkan teknologi di era digital harapannya dapat meningkatkan kualitas layanan publik.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles