DIGITALISASI ADMINISTRASI KANTOR: MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KUALITAS LAYANAN DI ERA DIGITAL

Authors

  • Safira Beaty Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang
  • Nina Oktarina Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.15294/bap.v1i1.281

Keywords:

administrasi perkantoran; digitalisasi administrasi; efisiensi; kualitas layanan; efektif; teknologi

Abstract

Layanan administrasi dituntut untuk cepat merespons dengan cepat dan tepat. Sedangkan administrasi perkantoran yang konvensional seringkali terhambat dengan lambatnya proses, ketidakakuratan data, dan kurangnya transparansi dalam pengambilan keputusan. Pandemi COVID-19 membawa kita dalam perubahan baru untuk lebih melek teknologi dan mengikuti perkembangan zaman. Di era digital ini, banyak sektor yang telah menerapkan digitalisasi, salah satunya pada sektor administrasi perkantoran. Ada banyak jenis teknologi yang dapat memberikan manfaat pada layanan administrasi kantor. Digitalisasi administrasi dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan dengan mempersingkat waktu dan meminimalisir kesalahan data. Ada Kemajuan tentunya diikuti dengan tantangan dan hambatan, dengan mengidentifikasi tantangan dan hambatan tersebut diharapkan institusi atau organisasi mampu membuat strategi untuk mengatasinya. Strategi implementasi digitalisasi yang efektif harus melibatkan seluruh manajemen, staf dan pengguna.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles