ANALISIS URGENSI KEARSIPAN DIGITAL BAGI PESERTA DIDIK MANAJEMEN PERKANTORAN
DOI:
https://doi.org/10.15294/bap.v1i1.290Keywords:
Kearsipan Digital, Peserta Didik, Manajemen Perkantoran.Abstract
Peserta didik Manajemen Perkantoran perlu menguasai teknologi terkini sebagai upaya dalam menjawab tantangan perkembangan zaman. Kearsipan merupakan salah satu kompetensi penting dalam manajemen perkantoran yang turut mengalami digitalisasi akibat perkembangan teknologi. Namun, kearsipan digital belum sepenuhnya diimplementasikan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi kearsipan digital bagi peserta didik manajemen perkantoran yang dilakukan melalui kajian penelitian terdahulu pada topik yang relevan. Akan tetapi, penelitian yang membahas terkait urgensi kearsipan digital bagi peserta didik manajemen perkantoran belum banyak dilakukan, sehingga kebaruan penelitian ini dapat dilihat melalui fokus dan subjek penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa kearsipan digital memiliki urgensi yang tinggi sebagai upaya menjaga relevansi pendidikan terhadap kebutuhan DUDI dan perkembangan zaman, yaitu mengadaptasi tren teknologi terkini, pembelajaran kontekstual dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek, meningkatkan literasi digital peserta didik, serta mendukung program pemerintah e-goverment. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kearsipan digital penting untuk dikuasai peserta didik manajemen perkantoran.