MENGINTEGRASIKAN CHALLENGE BASED LEARNING DAN STEM CONTEXT PADA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Authors

  • Adi Satrio Ardiansyah Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Iwan Junaedi Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Milna Wafirah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, STAI Al Husain

DOI:

https://doi.org/10.1529/kp.v1i4.123

Keywords:

Challenge based Learning, STEM Context, Video Pembelajaran

Abstract

Kebutuhan akan sumber belajar yang sesuai dengan perspektif mahasiswa perlu dikaji lebih lanjut dengan tetap memperhatikan mutu dan ketercapaian capaian pembelajaran selama masa New Normal. Penelitian ini berfokus pada pengembangan video pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar yang dibutuhkan mahasiswa dengan memperhatikan ketercapaian capaian pembelajaran untuk materi Sistem Persamaan Linear selama masa New Normal. Pengembangan video pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan model Challenge based Learning dan STEM Context untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan hasil belajar mereka. Model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) dilakukan untuk mengembangkan tiga prototype video pembelajaran. Evaluasi atas kelayakan materi dan media dilakukan oleh beberapa ahli materi dan ahli media sehingga diperoleh video yang layak dengan skor 88,78%; 82,19%; dan 86,34% untuk ketiga video yang dikembangkan. Setelah diimplementasikan, diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 75,67 dengan tingkat ketuntasan sebesar 77% yang mana mengindikasikan bahwa implementasi video pembelajaran telah memenuhi ketuntasan individual dengan KKM 70 dan memenuhi ketuntasan klasikal dengan proporsi 70%. Uji banding dengan antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa implementasi video pembelajaran memberikan dampak positif terhadap pencapaian rerata dan proporsi ketuntasan belajar. Lebih lanjut, diperoleh hasil angket respon mahasiswa sebesar 81,5%. Keberhasilan ini memberikan implikasi untuk dilakukan uji efektivitas terhadap kemampuan dan keterampilan lain untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Author Biography

Adi Satrio Ardiansyah, Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang

<br data-mce-bogus="1">

Downloads

Published

2023-03-25

Issue

Section

Articles