PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SHARF (MORFOLOGI ARAB) BERASIS WORDWALL UNTUK PONDOK PESANTREN

Authors

  • Mohamad Yusuf Ahmad Hayim Program Studi Pendidikan bahasa Arab FBS, Universitas Negeri Semarang
  • Jamat Jamil Pendidikan Agama Islam, Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.1529/kp.v1i5.128

Keywords:

Game, Sharf (Morfologi Arab), Wordwall.

Abstract

Pembelajaran sharf satu diantara pembelajaran yang terdampak oleh situasi pandemi. Pembelajaran sharf semakin terasa sulit dilakukan secara daring, hal ini karena sistem morfologi bahasa Arab memiliki perbedaan yang signifikan dengan morfologi bahasa Indonesia, sebagai bahasa ibu para pembelajar. Pemaparan kaidah-kaidah morfologi kebahasaan jelas tidak bisa dilakukan secara langsung, maka pendidik memiliki tanggungjawab untuk melakukan inovasi pembelajaran. Pengembangan  game edukasi Sharf berbasis wordwall menjadi solusi inovatif yang tepat dalam mengatasi pembelajaran sharf dalam jaringan. Game ini bersifat interaktif dilengkapi dengan latihan-latihan untuk mengasah pemahaman sharf santri. Tujuan penerapan penelitian ini yaitu: (1) memahami kebutuhan ustaz dan santri terhadap game edukasi Sharf untuk pembelajaran sharf, (2) mendeskripsikan gambaran prototipe media game edukasi Sharf, 3) mengetahui tingkat penilaian ahli terhadap edukasi Sharf Pelaksanaan penelitian ini menggunakan research and development (R&D) dengan tes dan non tes sebagai data. Implikasi dari penelitian ini di beberapa pesantren, diantaranya Rijalul Qur’an menunjukkan hasil yang siginifikan (efektif)

Author Biography

Mohamad Yusuf Ahmad Hayim, Program Studi Pendidikan bahasa Arab FBS, Universitas Negeri Semarang

<br data-mce-bogus="1">

Downloads

Published

2023-04-25

Issue

Section

Articles