PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DENGAN PROTOKOL KESEHATAN

Authors

  • Wahyu Ragil Kurniawan Program Studi Pendidikan Jasmani,FIK, Universitas Negeri Semarang
  • Mugiyo Hartono Program Studi Pendidikan Jasmani,FIK, Universitas Negeri Semarang
  • Dwi Gansar Santi Wijayanti Program Studi Pendidikan Jasmani,FIK, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.1529/kp.v1i5.131

Keywords:

Persepsi; Guru,Pendidikn Jasmani

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membantu guru menentukan aktivitas yang tepat dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan protokol kesehatan. Tujuan penelitian ini mengetahui persepsi guru pendidikan jasmani dalam menghadapi sistem pembelajaran offline di era pasca pandemi covid-19. Metode berupa studi kasus dengan penelitian kualitatif deskriptif. Pertanyaan pokok penelitian ini; Bagaimana persepsi guru Penjasorkes saat diminta mengajar secara offline dengan protokol kesehatan? ; Bagaimana pengalaman guru Penjasorkes saat beralih dari pembelajaran online ke offline dengan penerapan protokol kesehatan? Dan; Apakah cara pandang guru penjas berubah setelah pembelajaran offline dengan penerapan protokol kesehatan?. Teknik analisis data : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Lima poin pokok dari analisis data: (a) Terbatasnya ruang untuk kegiatan siswa (b) Tantangan pembelajaran dengan penerapan protokol kesehatan; (c) Kreativitas guru dalam mengolah pembelajaran dengan protokol kesehatan; (d) Siswa antusias setelah lama belajar daring; (e) Ketersediaan fasilitas penunjang protokol kesehatan di sekolah.

Author Biography

Wahyu Ragil Kurniawan, Program Studi Pendidikan Jasmani,FIK, Universitas Negeri Semarang

<br data-mce-bogus="1">

Downloads

Published

2023-04-25

Issue

Section

Articles