MODEL PRAKTEK BERBASIS VIRTUAL LABORATORY DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING : ANALISIS DARI SKILL DIGITAL, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.1529/kp.v1i5.132Keywords:
Virtual Laboratory, Motivasi, Skill Digital, Hasil BelajarAbstract
Di dalam pelaksanaan pembelajaran praktek berbasis virtual laboratory memperlukan beberapa persyaratan dan kesiapan guna memenuhi hasil belajar yang lebih efektif mencakup faktor motivasi dari mahasiswa, skill digital. Tujuan penelitian : 1) Menganalisis pengaruh motivasi mahasiswa terhadap hasil belajar dalam model pembelajaran praktek berbasis virtual laboratory, 2) Menganalisis pengaruh skill digital mahasiwa terhadap hasil belajar mahasiswa dalam model pembelajaran praktek berbasis virtual laboratory, 3) Menganalisis pengaruh motivasi dan skill digital mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa dalam pelaksanaan model pembelajaran praktek berbasis virtual laboratory. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Model pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, 2) Motivasi belajar mahasiswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, 3) Skill digital mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, 4) Model pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi mahasiswa , 5) Skill digital mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap motivasi mahasiswa