MODEL PRAKTEK BERBASIS VIRTUAL LABORATORY DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING : ANALISIS DARI SKILL DIGITAL, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Agus Suryanto Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FT, Universitas Negeri Semarang
  • Yohanes Primadiyono Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FT, Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Harlanu Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FT, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.1529/kp.v1i5.132

Keywords:

Virtual Laboratory, Motivasi, Skill Digital, Hasil Belajar

Abstract

Di dalam pelaksanaan pembelajaran praktek berbasis virtual laboratory  memperlukan beberapa persyaratan dan kesiapan guna memenuhi hasil belajar yang lebih efektif mencakup faktor motivasi dari mahasiswa, skill digital. Tujuan penelitian : 1) Menganalisis pengaruh  motivasi mahasiswa terhadap  hasil belajar  dalam model pembelajaran praktek berbasis virtual laboratory, 2) Menganalisis pengaruh skill digital mahasiwa terhadap hasil belajar mahasiswa dalam  model pembelajaran praktek berbasis virtual laboratory, 3) Menganalisis pengaruh motivasi dan skill digital mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa dalam pelaksanaan model pembelajaran praktek berbasis virtual laboratory.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Model pembelajaran  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, 2) Motivasi  belajar mahasiswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap  hasil belajar  mahasiswa, 3) Skill digital mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap  hasil belajar mahasiswa, 4) Model pembelajaran  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi mahasiswa , 5) Skill digital mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap motivasi mahasiswa

Author Biography

Agus Suryanto, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FT, Universitas Negeri Semarang

<br data-mce-bogus="1">

Downloads

Published

2023-04-25

Issue

Section

Articles