URGENSI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN YANG TERPUSAT PADA PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Atika Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
  • Abdurrachman Faridi Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
  • Sita Nurmasitah Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
  • Delta Apriyani Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
  • Bayu Ariwibowo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Fakultas Saintek, Universitas Ivet
  • Salamatul Chasanah Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
  • Azarine Shafa Milannisa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
  • Adi Susanto Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.1529/kp.v1i6.133

Keywords:

Pembelajaran, Terpusat; Era Society 5.0

Abstract

Pengembangan model pembelajaran menjadi hal penting bagi dunia pendidikan di era society 5,0. Pengembangan model diharapkan mampu membantu peserta didik untuk meningkatkan kompetensi Abad 21 yang meliputi kolaborasi, kreatifitas, berfikir kritis, dan komunikasi. Berdasarkan kebijakan kurikulum merdeka belajar, peserta didik saat ini lebih dituntut untuk dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak meskipun dengan orang yang memiliki latar belakang ilmu berbeda dalam penyelesaian tugas belajar. Berdasarkan kondisi tersebut dikembangkan model konseptual Simple Case Project terintegrasi dengan Peer Learning Community dengan 8 sintaks yaitu: pengungkapan kasus nyata, analisis proyek, penentuan time schedule, penentuan job description, konsultasi berkala, uji coba, evaluasi hasil akhir dan publikasi. perlu adanya penelitian lanjutan untuk melihat keefektifan model dengan uji coba skala kecil maupun besar.

Downloads

Published

2023-07-27

Issue

Section

Articles