GEOMETRI: MANFAAT, PEMBELAJARAN DAN KESULITAN BELAJARNYA

Authors

  • Bambang Eko Susilo Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Hery Sutarto Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.1529/kp.v1i6.136

Keywords:

Geometri, Belajar, Pendidikan

Abstract

Pendidikan yang diselenggarakan mengupayakan pengembangan keterampilan siswa sebagai modal utama menghadapi abad ke-21. Beberapa keterampilan tersebut termasuk 5C yang terdiri dari critical thinking, connections, collaboration, creativity, dan communication. Proses pengembangan keterampilan 5C siswa dapat mengalami hambatan yang disebabkan oleh kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran. Kesulitan belajar tersebut akan menemui dua kemungkinan, yaitu kesulitan belajar teratasi atau kesulitan belajar tidak teratasi sehingga mengakibatkan kesalahan dalam pemecahan masalah dan menimbulkan dampak negatif lainnya, seperti kecemasan atau rasa tidak percaya diri. Berbagai jenis kesulitan belajar juga dialami dalam pembelajaran geometri, baik dari jenjang sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Analisis manfaat, pembelajaran dan berbagai jenis kesulitan belajar geometri menjadi modal penting bagi mahasiswa calon guru, guru maupun dosen dalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran untuk memilih strategi yang tepat sehingga tujuan pembelajaran dan pengembangan keterampilan matematis siswa dicapai dengan baik.

Author Biography

Bambang Eko Susilo, Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Semarang

<br data-mce-bogus="1">

Downloads

Published

2023-07-27

Issue

Section

Articles