DIMENSI KOGNITIF DAN URGENSI PENGAJARAN PATRIOTISME LOKAL DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.1529/kp.v1i6.137Keywords:
Dimensi Etika, Patriotisme Lokal, Pengajaran SejarahAbstract
Tulisan ini mendeskripsikan dimensi etika dalam pengajaran patriotisme lokal di sekolah. Patriotisme lokal dapat diajarkan melalui beragam metode dan model pembelajaran. Namun, muatan nilai dalam patriotisme lokal lebih efektif dieksplorasi dengan metode pembelajaran yang mengandalkan proses eksplorasi dan aktivitas seperti diskusi dan bermain peran. Metode itu aplikatif dalam model pencarian dan penemuan. Model pembelajaran inovatif yang berbasis pada ektivitas peserta didik mampu mengembangkan kemampuan berpikir rasional dan sekaligus menginternalisasi nilai yang terkandung dalam kisah-kisah patriotisme lokal. Proses pencarian dan penemuan itu akan melatih peserta didik untuk berpikir akademis, untuk memaknai sejarah sebagai satu pengetahuan yang dibentuk dengan proses kritis. Pengembangan pengetahuan patriotisme lokal itu juga perlu didukung oleh wawasan guru yang aktual tentang lingkungan historis di sekitar sekolah, guru yang aktif dalam menelaah sejarah-sejarah under cover, yang belum banyak dibicarakan di kelas sejarah. Kesimpulannya, menginternalisasi dan mengeksplorasi dimensi etika dalam pengajaran patriotisme lokal relevan dilakukan untuk mengembangkan wawasan baru dan kemampuan telaah kritis peserta didik terhadap potensi sejarah lokal di sekitar mereka.