PERAN MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA SMK BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA

Authors

  • Sri Handayani
  • Harijadi Gunawan Buntoro
  • Virgiawan Adi Kristiawan
  • Listiyono Budi
  • Rahma Aulia Pulung Kahartan
  • Anis Rahmawati
  • Diah Nur Maladewi

DOI:

https://doi.org/10.1529/kp.v1i7.167

Keywords:

Etos kerja, Inovasi pembelajaran, Kinerja guru manajemen pembelajaran, Motivasi kerja

Abstract

Tugas pokok yang diemban oleh seorang guru, tentu tidak berlebihan jika dikatakan bahwa barometer mutu pendidikan vokasi Indonesia ditentukan oleh tingkat kompetensi seorang guru. Identifikasi dan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan vokasi khususnya bidang teknik dan Teknologi sangat penting. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan pembelajaran oleh guru SMK bidang keahlian teknologi dan rekayasa. Penilaian Pengelolaan pembelajaran meliputi lima variabel kunci yaitu motivasi kerja, etos kerja, kinerja guru, inovasi manajemen, dan manajemen pembelajaran. Pengujian dilakukan dengan menggunakan model pengukuran persamaan struktural. Motivasi kerja memberikan pengaruh positif sebesar 63,9% dan etika kerja sebesar 28,2% terhadap kinerja guru. Motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap manajemen belajar. Inovasi manajemen tidak berpengaruh sehingga diharapkan pengawas meningkatkan kegiatan inovasi untuk menunjang kinerja guru.

Downloads

Published

2024-02-21

Issue

Section

Articles