PROBLEM BASED E-LEARNING BERBANTUAN ASSEMBLR BERBASIS JAVANESE CULTURE AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN MOTIVASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.1529/kp.v1i8.196Keywords:
Augmented Reality, Javanese Culture, Kemampuan Spasial, Motivasi Belajar, Problem Based E-LearningAbstract
Geometri menjadi salah satu cabang ilmu matematika yang cukup sulit untuk dipahami siswa. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya kemampuan spasial yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang menoton sehingga rendahnya motivasi belajar siswa. Inovasi model pembelajaran Problem Based E-Learning berbantuan Assemblr berbasis Javanese Culture Augmented Reality (PBeL-AR) sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga mampu mengembangkan kemampuan spasial. Motivasi belajar berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan spasial siswa. Model PBeL-AR membantu dalam mevisualisasi obyek bangun ruang sehingga mendorong siswa untuk tertarik mempelajari materi bangun ruang yang terlihat konkrit.