Implementasi Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ekonomi dan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.1529/kp.v9i1.303Keywords:
keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep ekonomi, Project Based Learning; Systematic Literature ReviewAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep ekonomi dan keterampilan berpikir kritis di tingkat sekolah menengah. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yang melibatkan identifikasi, evaluasi dan sintesis hasil penelitian terkait yang relevan. Proses Systematic Literature Review (SLR) dilakukan melalui pencarian sistematis pada database Google Scholar tahun 2020 - 2025, dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Project-Based Learning (PjBL) secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman konsep ekonomi melalui pembelajaran yang kontekstual dan berbasis masalah nyata. Selain itu, metode ini efektif untuk mendorong keterampilan berpikir kritis siswa, seperti: analisis, evaluasi dan pemecahan masalah. Faktor-faktor pendukung keberhasilan implementasi Project-Based Learning (PjBL) meliputi: peran guru sebagai fasilitator, penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan kolaborasi antar siswa. Namun, terdapat tantangan dalam hal pengelolaan waktu, ketergantungan pada metode tradisional seperti: ceramah, kurangnya keterkaitan materi dengan aplikasi praktis, serta kapasitas pendidik yang terbatas dalam menerapkan model inovatif. Desain pembelajaran yang kurang optimal mengurangi kreativitas siswa, dan pelaksanaan kurikulum 2013 yang tidak sesuai dengan kondisi institusi memperburuk tantangan belajar. Penelitian ini memberikan wawasan bagi para pendidik dan pengambil kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran inovatif untuk mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21.