https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/kp/issue/feed Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang 2025-07-10T18:13:36+07:00 Open Journal Systems <p><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220413361059343" target="_blank" rel="noopener">P-ISSN 2829-386X</a></p> https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/kp/article/view/303 Implementasi Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ekonomi dan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Menengah 2025-07-04T17:21:09+07:00 Serly Anggraeni [email protected] Joko Widodo [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode <em>Project-Based Learning </em>(PjBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep ekonomi dan keterampilan berpikir kritis di tingkat sekolah menengah. Metode yang digunakan adalah <em>Systematic Literature Review </em>(SLR), yang melibatkan identifikasi, evaluasi dan sintesis hasil penelitian terkait yang relevan. Proses <em>Systematic Literature Review </em>(SLR) dilakukan melalui pencarian sistematis pada <em>database </em>Google Scholar tahun 2020 - 2025, dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Project-Based Learning </em>(PjBL) secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman konsep ekonomi melalui pembelajaran yang kontekstual dan berbasis masalah nyata. Selain itu, metode ini efektif untuk mendorong keterampilan berpikir kritis siswa, seperti: analisis, evaluasi dan pemecahan masalah. Faktor-faktor pendukung keberhasilan implementasi <em>Project-Based Learning </em>(PjBL) meliputi: peran guru sebagai fasilitator, penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan kolaborasi antar siswa. Namun, terdapat tantangan dalam hal pengelolaan waktu, ketergantungan pada metode tradisional seperti: ceramah, kurangnya keterkaitan materi dengan aplikasi praktis, serta kapasitas pendidik yang terbatas dalam menerapkan model inovatif. Desain pembelajaran yang kurang optimal mengurangi kreativitas siswa, dan pelaksanaan kurikulum 2013 yang tidak sesuai dengan kondisi institusi memperburuk tantangan belajar. Penelitian ini memberikan wawasan bagi para pendidik dan pengambil kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran inovatif untuk mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21.</p> 2025-07-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/kp/article/view/315 PENERAPAN PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT MELALUI STRATEGI KELAS KOLABORATIF DENGAN MITRA DI LUAR KAMPUS (Upaya Akselerasi Pencapaian Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU) Ke tujuh) 2025-07-10T18:13:36+07:00 Muhammad Harlanu [email protected] Agus Suryanto [email protected] Taofan Ali Achmadi [email protected] Mario Norman Syah [email protected] <p>Metode pembelajaran yang harus diterapkan saat ini mengacu pada Indikator Kinerja Utama (IKU) ke 7, persentase mata kuliah S1 dan diploma yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (<em>case method</em>) atau pembelajaran kelompok berbasis project (<em>teambased project</em>) sebagai sebagian bobot evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Membuat Model Determinan Model Determinan Penerapan Pembelajaran <em>Case Method</em> Dan <em>Team Based Projcet</em> Melalui Strategi Kelas Kolaboratif Dengan Mitra Di Luar Kampus, 2) Menganalisis Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Model Determinan Penerapan Pembelajaran <em>Case Method</em> Dan <em>Team Based Projcet</em> Melalui Strategi Kelas Kolaboratif Dengan Mitra Di Luar Kampus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei. Penggunaan metode dan desain penelitian tersebut diimpementasikan dalam prosedur (langkah-langkah) penelitian. Dalam pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berbentuk kuesioner yang sudah dinyatakan valid dan reliabel. Selanjutnya data yang berhasil dikumpulkan diolah/dianalisis menggunakan statistik deskripsi dan inferensial dengan teknik analisis jalur (<em>path analysis</em>). Selanjutnya dilakukan pembahasan terhadap hasil analisis dibahas dan terakhir yaitu dibuat kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian : 1) Penggunaan Model Case Method di perguruan tinggi secara signifikan berhubungan dengan peningkatan kinerja utama perguruan tinggi, 2) Pelaksanaan Kelas Kolaborasi dengan Mitra memiliki korelasi positif dengan peningkatan kinerja utama perguruan tinggi, 3) Ada pengaruh yang signifikan antara variabel penggunaan Model Team-Based Project terhadap Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi, 4) Penggunaan Model Case Method secara signifikan berhubungan dengan pelaksanaan Kelas Kolaborasi dengan Mitra, 5) Penggunaan Model Team-Based Project juga berhubungan positif dengan pelaksanaan Kelas Kolaborasi dengan Mitra.</p> 2025-07-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang