INOVASI PEMBELAJARAN PJOK MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hafid Nur Fajrin Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Donny Wira Yudha Kusuma Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.15294/ok.v1i1.267

Keywords:

Pendidikan Jasmani, Gerak Dasar, Video Tutorial, Teaching at the Right Level

Abstract

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) berperan penting dalam menunjang perkembangan motorik siswa pada jenjang sekolah dasar (SD) khususnya pada penguasaan gerak dasar seperti oleharaga bulu tangkis. Pembelajaran PJOK pada jenjang sekolah dasar dihadapkan pada tantangan keberagaman karakteristik dan kemapuan peserta didik sehingga diperlukan penyesuaian metode dan media pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif. Pada penelitian ini akan dikembangkan dan diimplementasikan media pembelajaran berupa video tutorial yang diintegrasikan dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pembelajaran PJOK khususya pada bidang olahraga bulu tangkis. Pendekatan TaRL berfokus pada penyesuaian strategi pembelajaran berdasar dengan tingkat kemampuan siswa dengan tujuan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Hasil kajian menunjukan bahwa implementasi video tutorial yang diintegrasikan dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan ketrampilan serta pemahaman siswa dalam materi gerak dasar secara signifikan. Integrasi tersebut juga meningkatkan motivasi dan partisipasi mereka dalam pembelajaran. Temuan ini menunjukan pentingnya inovasi pembelajaran PJOK yang lebih adaptif guna terciptanya pembelajaran PJOK yang lebih inklusif dan menyenangkan.

Downloads

Published

2025-06-24

Issue

Section

Articles