MEMBANGUN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY (TPSR) DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.15294/ok.v1i1.269Keywords:
kecerdasan emosional, Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR), pendidikan jasmani, pembentukan karakter, keterampilan sosialAbstract
Pengembangan kecerdasan emosional peserta didik melalui pendekatan Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR) sangat penting dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah dasar. Pendidikan jasmani tidak hanya fokus pada fisik, tetapi juga membentuk karakter dan mengembangkan keterampilan sosial. Penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, termasuk empati dan pengendalian diri, mempengaruhi perilaku dan interaksi sosial siswa.
Model TPSR, yang dikembangkan oleh Donald R. Hellison, bertujuan membangun tanggung jawab pribadi dan sosial serta meningkatkan keterampilan sosial melalui aktivitas fisik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi integrasi aktivitas fisik, sesi refleksi, dan diskusi untuk memperkuat pemahaman peserta didik tentang tanggung jawab sosial.
Penerapan TPSR dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengenali, memahami, dan mengelola emosi, serta membangun hubungan sosial yang positif. Dengan demikian, TPSR diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan mendukung perkembangan karakter peserta didik di sekolah dasar.