PENGEMBANGAN E-MODUL STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • H J Widiastutik Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • E Rudyatmi Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

discovery learning, E-modul, jaringan tumbuhan

Abstract

E-modul merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan siswa untuk belajar mandiri. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan E-modul struktur jaringan tumbuhan, menganalisis kelayakan E-modul, dan menganalisis efektivitas E-modul terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, and evaluation. Kelayakan E-modul ditentukan dengan validasi ahli materi, ahli media; respon siswa dan guru. Efektivitas E-modul terhadap peningkatan hasil belajar siswa ditentukan dengan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi ahli materi sebesar 84,8% (kategori sangat layak), nilai validasi ahli media sebesar 93,6% (kategori sangat layak), nilai respon siswa pada uji coba skala kecil sebesar 83% dan 91% (kategori sangat layak), nilai respon siswa dan guru pada uji coba skala besar sebesar 85,97% dan 85% (kategori sangat layak). Hasil uji N-Gain hasil belajar siswa sebesar 48,73 (tingkat keefektifan sedang). Simpulan E-modul struktur jaringan tumbuhan berbasis discovery learning sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-11-10

Issue

Section

Pembelajaran Biologi