GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA (LKPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK MANUSIA

Authors

  • M Oktavianti Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • W H Nugrahaningsih Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Guided inquiry learning, pemahaman konsep siswa, Sistem Gerak Manusia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa yang menerapkan model Guided Inquiry Learning berbantuan LKPD pada pembelajaran Sistem Gerak Manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi-Experimental menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah siswa SMA Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Grabag dengan sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4. Penelitian dilaksanakan secara daring dengan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Guided Inquiry Learning berbantuan LKPS dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah interaktif.. Data penelitian diperoleh dari nilai pretest-posttest, praktikum, wawancara, dan angket tanggapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kelas eksperimen dengan N-Gain 0,52 serta 77,14% lulus KKM, sedangkan kelas kontrol dengan N-GainĀ  0,22 serta 47,22% lulus KKM. Pemahaman konsep siswa berdasarkan nilai posttest pada kelas eksperimen 75,16% dan kelas kontrol 65,21%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Guided Inquiry Learning pada materi Sistem Gerak Manusia dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA N 1 Grabag. Media pembelajaran LKPD yang telah dibuat dapat digunakan kembali dan dikembangkan sesuai dengan materi yang akan dipelajari

Downloads

Published

2021-11-26

Issue

Section

Pembelajaran Biologi