PRINSIP PEMBELAJARAN DENGAN PLATFORM GATHER TOWN SEBAGAI LANGKAH RECOVERY PENDIDIKAN DI ERA VUCA

Authors

  • Naily Zahrotun Arifah Universitas Negeri Semarang
  • Arif Widiyatmoko Universitas Negeri Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Covid-19, Era VUCA, Gather Town, Pendidikan

Abstract

Pandemi COVID-19 (SARS-CoV-2) memberikan dampak yang begitu besar kepada masyarakat di segala aspek bidang. Akibatnya, terjadi perubahan tatanan hidup di dalam masyarakat. Di era COVID-19, ada “volatilitas” yaitu tidak jelas kapan gelombang kedua dan ketiga pandemi akan melanda, dan ada “ketidakpastian” bahwa kemunculan dan penyebarannya tidak dapat diprediksi. Di dunia modern, pendidikan tinggi global menghadapi ketidakpastian karena globalisasi, penggunaan kontemporer teknologi dan VUCA yang menggambarkan lingkungan pendidikan yang kacau, bergejolak, dan berubah dengan cepat, yang merupakan new normal dalam pendidikan tinggi global. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review atau studi literatur. Transformasi teknologi di bidang pendidikan memberikan fokus global, sehingga mengintensifkan keterkaitan global antar lembaga pendidikan. Karena komunikasi tatap muka menjadi sulit karena penyebaran COVID-19, kegiatan yang dianggap hanya mungkin secara offline diubah menjadi realitas virtual dan berkembang pesat ke berbagai bidang seperti pendidikan, perawatan medis, mode, dan pariwisata. Metaverse yang banyak berkembang di dunia pendidikan salah satunya adalah penggunaan Gather Town. Gather Town memberikan ruang untuk komunikasi sosial dan belajar yang baru. Karena pandemi COVID-19 yang berkepanjangan, tidak mudah untuk mengadakan pembelajaran tatap muka langsung. Manfaat menggunakan GT untuk mempelajari keterampilan praktis, yang membutuhkan pembelajaran mandiri yang lebih terstruktur dengan umpan balik individual yang berkelanjutan

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles